TEMU DARING DUBES RI DENGAN DIASPORA INDONESIA: PERKUAT SILATURAHMI DAN NETWORKING

Pandemi Covid-19 tidak mengurangi antusias WNI dan mahasiswa Indonesia untuk menghadiri pertemuan daring Dubes RI Islamabad, Adam M. Tugio dan Ibu Irina Adam, Minggu (3/1). Pertemuan ini menjadi kesempatan baik bagi Dubes RI untuk kenal lebih dekat dengan diaspora Indonesia di Pakistan.

Acara dibuka dengan sambutan perkenalan dan penyampaian harapan oleh perwakilan dari WNI, pekerja migran, siswa TNI dan mahasiswa. Secara bergantian koordinator WNI dari berbagai wilayah seperti Islamabad, Rawalpindi, Lahore, Gujrat, Sheikhpura dan lainnya mengucapkan selamat datang kepada Dubes RI dan menyatakan kesiapannya untuk terus mendukung pelaksanaan tugas Dubes RI dan KBRI Islamabad.

Ucapan terima kasih dan apresiasi  disampaikan Dubes Adam kepada seluruh koordinator WNI yang telah mendukung tugas KBRI Islamabad dalam memantau keadaan WNI yang di berbagai wilayah terutama pada masa sulit pandemi Covid-19. 

Selain itu, Dubes RI juga menyampaikan imbauan kepada seluruh WNI untuk selalu waspada dan mengindahkan protokol kesehatan serta aturan dan kebijakan pemerintah setempat. “Paling mudahnya selalu menjalankan 3M: Mencuci tangan, Memakai masker dan Menjaga jarak, “ lanjut Dubes Adam

Dubes RI menyampaikan bahwa Indonesia dan Pakistan selain berstatus negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, keduanya juga memiliki banyak kesamaan budaya, seperti Clapper Dance dari Cholistan, dimana gerakannya sangat mirip dengan tari piring di Sumatera Barat. “Persamaan lainnya seperti penggunaan dupata di Pakistan dan kerudung di Indonesia membuat saya merasa fell at home”, tegasnya.

Dalam pesan penutup, Dubes RI meminta seluruh diaspora Indonesia untuk menjalin silaturrahmi melalui koordinator wilayah. Dari silaturrahmi itu kemudian meningkat untuk menjalin network diantara diaspora. Kelebihan dan keahlian berbeda yang dimiliki diaspora Indonesia akan memberikan dampak yang luar biasa bagi kemajuan bangsa Indonesia apabila dapat dimaksimalkan sinergitas potensinya. (IG KBRI Islamabad)

#IniDiplomasi
#NegaraMelindungi
#PerlindunganWNI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *