PPMI Pakistan dan KBRI Islamabad Rayakan Kemerdekaan dengan Semarak

Peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-77 oleh mahasiswa dan diaspora Indonesia di Pakistan terasa berbeda tahun ini, dengan menurunnya kasus Covid-19 di Pakistan, PPMI Pakistan berhasil menggandeng KBRI Islamabad untuk merayakannya bersama dengan Diaspora Indonesia baik mahasiswa maupun WNI yang berada di Pakistan.

                Rangkaian kegiatan peringatan kemerdekaan Indonesia tahun ini diadakan di KBRI Islamabad yang berlokasi di area Diplomatic Enclave Islamabad.

                Rangkaian acara dan lomba dimulai pada hari Rabu, 6 Agustus 2022 dan diawali dengan pembukaan acara oleh Bapak Duta Besar Republik Indonesia untuk Pakistan lalu di lanjutkan dengan fun walk sejauh 4 kilometer dengan rute melewati beberapa kantor kedutaan beberapa negara lain di area Diplomatic Enclave. Pada hari pertama ini euforia dan antusiasme WNI di Pakistan khususnya mahasiswa sangat jelas terasa.

                Tidak hanya itu, acara juga disemarakkan dengan pembagian doorprize dan juga bazaar nusantara serta berbagai macam perlombaan seperti lomba Tarik tambang, lomba voli, lomba basket, Bakiak dan lain-lain. Acara perlombaan diadakan selama 2 hari.

                Bagi para mahasiswi Indonesia dan juga ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan juga diadakan lomba memasak yang sangat meriah. Para peserta memasak berbagai macam masakan nusantara dengan bahan yang mereka beli masing-masing. Dengan waktu 2 jam mereka harus bisa menyajikan makanan yang mereka masak ke hadapan para juri. Masakan yang dimasak diantaranya sate lilit Bali, Ayam Habang Kalimantan, Ayam Taliwang Lombok, Rendang ayam Sumatera, dan masih banyak lagi.

“ Anak-anak sangat kreatif dalam memasak, masakan yang dibawa pun berbagai macam jenisnya. Semoga setiap harinya anak-anak juga bisa memasak masakan nusantara seperti ini.” Ucap Ibu Henny, selaku ketua pelaksana lomba.

                 Acara puncak di peringati pada tanggal 17 Agustus di KBRI Islamabad. Di awali dengan menyaksikan bersama upacara hari kemerdekaan di Istana Negara Indonesia melalui virtual , lalu dilanjutkan dengan upacara bersama di KBRI Islamabad dan juga pembagian sertifikat mahasiswa berprestasi dan sertifikat untuk pasukan pengibar bendera, dilanjutkan dengan pembagian hadiah perlombaan.

Acara di tutup dengan ramah tamah dan makan bersama. Meskipun di guyur hujan, acara tetap berjalan dengan khidmat dan penuh dengan kemeriahan.

Oleh : Muhammad Najeed

Editor : Widad Nur Fauziyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *