PPMI Pakistan Akhiri Tahun dengan Baksos

ISLAMABAD-Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) di Pakistan mengadakan acara Bakti Sosial di Madrasah Al-Farisy Sektor I-10, Islamabad, Pakistan, Jum’at, (31/12/2021). Tujuan dari Bakti sosial ini merupakan wujud dari solidaritas dan kepedulian sosial mahasiswa Indonesia di Internatioanl Islamic University of Islamabad (IIUI) terhadap lingkungan sekitar, yaitu para huffadz di Madrasah tersebut.

Volunteer yang berkicampung dalam acara ini berjumlah 13 orang. Mereka sangat antusias dalam mengikuti dan mendistribusikan barang-barang bantuan kepada anak-anak Madrasah yang berjumlah 60 orang. Dalam hal distribusi barang, Bagas Chasanu selaku anggota Departemen Sosial PPMI mengarahkan dan mengkoordinir kawan-kawan volunteer terkait pembagian dan dokumentasi acara di Madrasah Al-Farisiy.  

            “Baksos ini, kita maksudkan untuk mempererat untuk mewujudkan rasa cinta kasih , rasa saling menolong, rasa saling peduli mahsiswa kepada masyarakat setempat”,  Ujar Bagas.

PPMI dan donatur berhasil mengumpulkan puluhan paket snack yang kemudian dibagikan kepada para santri. Selain itu terdapat pula sebuah Al-Qur’an dan sebuah peci nasional merek Wadimor yang dihibahkan pada pengurus madrasah tersebut. Menariknya usai pembagian snack, asatidz madrasah memimpin doa untuk para mahasiswa Indonesia yang sedang menjalankan studi di Pakistan, hal ini sangat pas dengan momen persiapan UAS yang akan diselenggarakan pihak kampus pada awal bulan Januari 2022.

            Madrasah tahfidz Al-Farisy dipilih karena merupakan sasaran paling tepat. Biasanya kegiatan bakti sosial diadakan di kamp pengungsian Afghanistan di perbatasan Pakistan-Afghanistan. Namun pergantian kepemimpinan menyebabkan kondusifitas dan keamanan perbatasan negara tersebut menurun sehingga PPMI harus mencari alternatif lain.

            Saudara Anas Mujdamullah, salah satu relawan menuturkan bahwa Baksos di madrasah ini merupakan keputusan yang sangat tepat, karena mereka adalah penuntut ilmu terlebih penghafal Al-Qur’an, mungkin selanjutnya kampung warga Afghanistan yang berlokasi tidak jauh dari kampus akan mejadi pilihan yang sangat tepat”.

Editor : Achmad Fuad Fahmi

Oleh : Muhammad Najeed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *