NOTULENSI KEGIATAN NGILMOE PART 2

Kitab “Assirajul Munir Fi Maqamat Sayyidil Mursalin” adalah kitab yang membahas tentang keistimewaan yang dimiliki oleh baginda Rasulullah SAW, tujuan dari kitab ini adalah mengenalkan kepada umat tentang keistimewaan dan kedudukan Rasulullah SAW yang tidak dimiliki oleh siapapun bahkan malaikat.

Diantaranya adalah:

•Keistimewaan Rasulullah  di dunia

Contohnya : Isra’ mi’roj dimana tidak ada nabi dan rasul yang sampai ke sidratul muntaaha selain beliau.

•Keistimewaan Rasulullah di yaumul akhir

Contohnya: dapat memberikan syafa’at, dan menjadi pimpinan para nabi.

•Keistimewaan Rasulullah dan umatnya di dunia yakni memohonkan ampunan untuk umatnya agar siksaanya ditangguhkan di akhirat dan dapat menghapus dosa dengan beristighfar.

•Keistimewaan umat rasulullah  di akhirat mendapatkan syafa’at.

Allah telah mengagungkan derajat baginda Rasulullah diantara para nabi ‘Ulul azmi, kedudukannya lebih tinggi dan paling tinggi, keagunganNya bagai pipa yang mengalirkan kebaikan untuk umat-Nya, baginda Rasulullah SAW adalah perantara untuk mendapatkan kemuliaan di sisi Allah, dan menjadi pintu untuk sampai pada Allah, merupakan suatu kebahagiaan bagi umat manusia jika kita mencintai rosul dengan sepenuh hati maka Allah akan memberikan semua bahkan yang tidak kita minta.

Rasulullah disebut  sebagai mahmud karna beliau yang paling banyak dicari dan dipanggil di yaumil akhir. Manusia berbaris berbondong mencari syafa’at kepada para nabi lain, sedang yang bisa memberi syafa’at hanya Rosulullah SAW, kemudian beliau sujud kepada Allah dan memohonkan syafa’at, kemudian Allah menyuruh sebagian umatnya memasuki pintu surga yang tidak ada hisab baginya, dan yang mendapat syafa’at Rosulillah dapat mengajak orang yang dikehendakinya.

Semoga kita dapat menerima syafa’at Rasulullah dengan mengetahui keistimewaan dan dapat menumbuhkan rasa cinta kepada Rasulullah SAW, Aamiin YRA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *