Meningkatkan Budaya Literasi, PPMI Pakistan Gelar Seminar Kepenulisan 2021

Islamabad – Menulis merupakan suatu keharusan bagi mahasiswa. Tidak hanya teori, kemampuan praktek menulis pun harus terus dikembangkan. Karena kebutuhan tersebut, Departemen Pendidikan Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Pakistan mengadakan Seminar Kepenulisan dengan tema “Berliterasi Untuk Mengabdi dan Mengabadi”. Acara diadakan di Sektor E-11, Islamabad pada Jum’at (17/12).

Seminar yang di hadiri oleh beberapa peserta yang merupakan mahasiswa Indonesia ini menghadirkan 2 narasumber; Ali Muhtadin dan Muhammad Rijal Achsanuddin, yang sudah bergelut dalam dunia literasi. Menulis artikel dan opini merupakan topik yang diusung pada seminar kali ini.

Muhammad Rijal Achsanuddin mengungkapkan dalam materinya , menulis merupakan tingkatan terakhir dalam seni berbahasa.

“Diawali dengan mendengar, membaca, berbicara, lalu menulis,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa menulis mempunyai peran penting mahasiswa, karena dari menulis tersebut akan datang banyak sekali manfaat.

Sementara itu, Ali Muhtadin juga mengungkapkan bahwasannya untuk menjadi penulis handal harus menjadi pembaca yang handal pula. Ia menjelaskan secara mendalam mengenai teknis menulis opini dan juga perbedaan opini dengan jenis tulisan lain.

“Mustahil bagi siapa yang ingin menjadi penulis yang hebat namun gagap dalam melakukan pekerjaan membaca,” pungkas mahasiswa semester 7 jurusan Aqidah dan Filsafat itu.

Di akhir acara, ditutup dengan bedah tulisan oleh kedua pembicara, sesi tanya jawab serta penyerahan sertifikat kepada narasumber. 

Editor : Ali Muhtadin

Oleh : Widad Nur Fauziyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *