Mengenal Lebih Jauh Muhammad Ali Jinnah

Muhammad Ali Jinnah yang dikenal sebagai The Founder of Pakistan lahir pada 25 Desember 1876. Dia diakui sebagai Pemimpin Muslim di India sejak tahun 1913 hinggal 14 Agustus 1947 dan akhirnya terbentuklah Negara Pakistan sebagai Negara Islam. Julukannya sebagai Quaid Azam yang artinya “Pemimpin Besar” sudah tidak diragukan lagi, selain ahli dalam bidang politik dia juga seorang pengacara dan sempat menjadi Gubernur Jendral pertama untuk Pakistan.

Pada awalnya Muhammad Ali Jinnah adalah salah seorang tokoh All-Indian Muslim League (baca: Partai Liga Muslim India), salah satu partai politik yang ada pada zaman kekuasaan British-India. Ia memiliki rasa nasionalisme tinggi dan memiliki keinginan agar Negara India bisa merdeka dan menyatukan umat Muslim dan Hindu dalam satu Negara yaitu India. Sehingga pada awal terjunnya ke dunia politik Muhammad Ali Jinnah masuk ke dalam Partai Kongres Nasional India yang merupakan organisasi politik terbesar pada waktu itu untuk menjadi wadah aktifitas politiknya. Namun sebagai seorang Muslim, dia tetap saja fokus atas kepentingan umat Muslim India. Ia sempat berpidato tentang masalah yang berhubungan dengan umat Muslim di India, yaitu soal “Waqful Aulad”.

Pada tahun 1940, Jinnah meyakini bahwa Muslim India harus memiliki negara mereka sendiri. Pada tahun itu, Partai Liga Muslim India yang dipimpin oleh Jinnah menyetujui Resolusi Lahore yang berisi tuntutan pembentukan bangsa yang terpisah. Pada akhirnya, Partai Kongres Nasional India dan Partai Liga Muslim menemui jalan buntu saat merumuskan pembagian kekuasaan di antara kedua belah pihak. Walhasil, kedua belah pihak setuju untuk membentuk dua negara berbeda. India dengan mayoritas pemeluk agama Hindu, dan satu negara lain dengan penduduk mayoritas muslim, yang kini disebut Pakistan. Jinnah digambarkan pada semua uang kertas rupee Pakistan dari 10 rupee hingga 5000. Selain itu Muhammad Ali Jinnah dikenang di berbagai tempat dengan nama-nama jalan, bandara dan lain sebagainya. Contohnya, Bandara Internasional Quaid Azam di Karachi yang sekarang disebut Bandara Internasional Jinnah. Selain itu di Ankara, ibu kota Turki ada satu jalan terbesar yang bernama Cinnah Caddesi. Terdapat pula Mohammad Ali Jenah Expressway di Teheran, Iran. Di Chicago, sebagian jalan utama bernama Muhammad Ali Jinnah Way. Mazar-e-Quaid, makam Jinna, merupakan salah satu bangunan terkemuka di Karachi. The Jinnah Menara di Guntur, Andhra Pradesh, India, dibangun mengenang sosok Muhammad Ali Jinnah. (mf/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *