Indonesian Student Orientation, Sebuah Rutinitas Tahunan Bagi Mahasiswa Baru Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia Pakistan

Islamabad – Bagi mahasiswa baru yang belum lama menginjakkan kaki di Pakistan, ada rutinitas tahunan sebelum mereka aktif dan mengikuti kegiatan perkuliahan. Mereka akan diarahkan untuk mengikuti rentetan kegiatan bagi mahasiswa baru di Pakistan yang diadakan oleh Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) Pakistan. Rentetan kegiatan tersebut sifatnya adalah sebagai bentuk pengenalan bagi mereka terhadap dinamika yang akan mereka lalui kedepannya. 

Indonesian Student Orientation (ISO) namanya, sebuah kegiatan perkenalan bagi mahasiswa baru yang diadakan oleh PPMI Pakistan. Acara yang bertemakan “Membangun Jiwa Mahasiswa yang Ber-Integrasi, Cerdas, Berkarakter, dan Intelektual” diadakan di Aula Kebudayaan KBRI Islamabad Pakistan.(26/02)

“Kegiatan Student Orientation merupakan kegiatan tahunan PPMI Pakistan atau bahasa simpelnya adalah ospek. Kegiatan ISO di Pakistan ini berbeda dengan kegiatan orientasi-orientasi yang berada di Indonesia. Dalam kegiatan ini tidak akan ada perpeloncoan ataupun senioritas, namun mereka hanya butuh duduk dan mendengarkan materi yang akan disampaikan oleh pembicara hari ini mengenai Pakistan. Maka, saya ucapkan sekali lagi bagi mahasiswa baru Indonesia di Pakistan, Welcome to Pakistan” Jelas Muhammad Luqman Syabri dalam sambutannya selaku ketua pelaksana kegiatan.

Peserta yang berjumlahkan 69 orang ini mengikuti rentetan kegiatan yang dimulai dengan pembahasan materi mengenai sosio-kultural yang tumbuh dan berlaku di Pakistan, dilanjutkan dengan sesi Etiket dan penjelasan tentang Lembaga Otonom yang berada di PPMI Pakistan. Sesi kali ini juga diramaikan dengan adanya doorprize yang diberikan kepada mahasiswa baru.

Acara ISO tersebut selesai tepat pukul lima sore, untuk rentetan kegiatan dari ISO sendiri yang tersisa pun akan dilanjutkan di kampus dengan skema laki-laki dan perempuan diadakan terpisah.

Oleh : Widad Nur Fauziyah

Editor : Muhammad Rijal Achsanudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *