“Gema Sholawat dan Sarasehan Santri Nusantara” bersama mahasiswa Indonesia di Pakistan

Minggu (31/10/2021) Dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional PCINU Pakistan bersama IKPM Pakistan bekolaborasi dalam penyelenggaraan “Gema Shalawat & Sarasehan Santri Nusantara” yang diadakan di Aula Budaya Nusantara KBRI Islamabad, yang dihadiri oleh Ketua Umum dan Sekertaris Jendral PPMI Pakistan serta warga PPMI Pakistan dan para tamu undangan.

Diawali penampilan Hadrah yang apik dari temen-teman anggota PCINU dengan membawakan beberapa Shalawat Nabi, juga persembahan single vocal dan pantomim yang disuguhkan untuk memeriahkan acara ini. 

“Definisi kesuksesan seseorang tidaklah dilihat dari seberapa pintar kekuatannya, tetapi seberapa pintar seseorang itu beradaptasi” ujar Bapak Boy Darmawan dalam sambutannya.

Beliau juga mengatakan bahwa mahasiswa yang bisa menempuh pendidikan diluar negeri sangatlah beruntung., ini adalah kesempatan emas. Sebagai orang-orang yang beruntung tersebut gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya guna bekal kita berkontribusi untuk Indonesia kelak. Maka dari itu, kita harus fokus dalam segala hal, berpikir keras dan jangan baper.

Acara ini juga diisi Sarasehan Santri Nasional yang bertemakan “Peran Santri untuk Peradaban” diisi oleh alumni santri dari berbagai Pondok Pesantren yaitu Ustadz Muhammad Wahyudi,S.Fil.I., M.S, Ustadz Joni Eko Pranoto, BS., Ustadz Abdul Wahid Azhari Ritonga, LC. dan Ustadz Ahmad Azizuddin, S.E.I., M.S.

“Santri itu harus baik. Kalau tidak bisa berkontribusi di tengah-tengah masyarakat, sama saja kamu mencoret muka saya” ujar Ustadz Joni Eko Pranoto, B.S salah satu pembicara pada hari itu yang dikutipnya perkataan Kiyai beliau di pesantren.

Kontribusi yang besar dan menjadi pribadi yang bermartabat dan bermaanfaat sangat penting dimiliki oleh para santri, karena santri adalah estafet para Kiyai untuk meneruskan cita-cita yang mulia. Kesederhanaan, keikhlasan, juga keberkahan adalah nilai-nilai yang diajarkan para kiyai kepada para penerus setelahnya. “Whenever you’re college, yourself make future personality”.

Editor : Nadiyatusyahidah

Oleh : Vindy Andi Agestia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *