Mahasiswa Diaspora Indonesia di Pakistan Berbagi Makanan Buka Puasa

            Islamabad – terik matahari dan suhu yang menyentuh angka 38 derajat celsius tak menyurutkan diaspora mahasiswa yang menyiapkan ratusan paket makanan untuk dibagikan pada masyarakat lokal pada saat berbuka nanti. 2 buah mobil pick up disiapkan untuk membawa ratusan paket makanan

            Diaspora mahasiswa bersama  panitia bulan Ramadhan PPMI pakistan berangkat menuju sebuah tanah lapang dibelakang SPBU Attock Petroleum di sektor E11 dari sektor  I10 pada pukul 17.00 waktu setempat, dikomandoi oleh Syukron Kaam Suwardi selaku ketua acara. Lokasi yang dituju merupakan lokasi pemukiman pinggiran yang ditempati masyarakat kelas menengah kebawah, hal itu tampak jelas terasa dari jalan yang tidak begitu mulus, pasar tradisional, dan beberapa pengemis yang terlihat meminta belas kasih pengguna jalan yang melintas.

Saat briefing panitia, Syukron Kaam Suwardi menerangkan bahwa melalui donasi yang dibuka, panitia menerima dana sejumlah Rs. 108.000 atau sekitar Rp. 8.440.000 bila dikonversi ke Rupiah. Sejumlah dana tersebut berhasil disalurkan pada masyarakat Pakistan dengan berupa 545 paket makanan berupa nasi biryani ayam, sebutir samosa, dan sebotol air mineral.

            Setibanya di lokasi, para masyarakat yang melintas mulai mengerumuni mobil yang membawa paket logistik, untuk mencegah kericuhan, dengan sigap saudara Sadam dan Abdullah menginstruksikan mereka untuk membentuk barisan, satu mobil untuk antrian pria dan satu mobil untuk wanita, sementara itu diatas mobil 3 orang lainnya dengan tanggap membagikan paket makanan tersebut. Mereka yang datang rata-rata merupakan masyarakat menengah kebawah yang sedang melintas saat pulang kerja atau mencari takjil, tak hanya itu sejumlah pengemis dewasa dan dibawah umur pun ikut mengantre untuk mendapatkan jatah.

            Acara pun di tutup dengan buka bersama mahasiswa diaspora yang terlibat.

Oleh : Muhammad Najeed

Editor : M. Tata Auniyrahman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *