Di Kalangan Mitra Bisnis, KBRI Islamabad Gandeng Diaspora Kenalkan Budaya dan Tarian Khas Nusantara

Islamabad – Di Kalangan Mitra Bisnis, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Islamabad, Pakistan menggandeng Diaspora Indonesia guna mengenalkan budaya dan Tarian khas Nusantara pada agenda “A Night of Appreciation in Honor of Pakistan Business Community & Friends of ASEAN”, Jum’at (27/10). Acara yang diselenggarakan di Margalla Park, Rawalpindi ini dihadiri oleh 100 orang dan perwakilan dari negara-negara ASEAN, para diplomat Negara-negara Eropa, dan investor asing.

Yang tidak kalah menarik, para hadirin juga disuguhkan dengan penampilan yang apik dan unik khas Nusantara yaitu; Tarian Nandan Ganjen, Tari Topeng Ireng, dan Seni Bela Tapak Suci. Performa yang dibawakan oleh Diaspora Indonesia di Pakistan tersebut cukup menghibur para hadirin yang datang dari berbagai Negara, khususnya para Duta Besar dan Diplomat dari Negara Belanda, Republik Ceko, dan Amerika Serikat.

“I enjoy the first dance and i really like it, you can see her move and the traditional music make a harmony” ungkap salah satu Diplomat Asing yang saat itu cukup terhibur dengan performa para diaspora Indonesia di atas panggung.

“Kami juga berterima kasih kepada Mahasiswa, karena berkat mahasiswalah Budaya Indonesia  dapat dikenal di Mancanegara, baik melalui aktifitas harian  maupun aktifitas kebudayaan seperti di kampus-kampus, Pencak Silat secara khusus memang kita ingin mempromosikan agar Pencak Silat bisa diterima sebagai cabang olah raga pada South Asian Games 2023 mendatang yang bertempat di Lahore,” Ujar Bapak Adam Mulawarman Tugio selaku Duta Besar RI untuk Islamabad Pakistan. Pak Dubes juga menuturkan bahwa budaya dan tarian khas di Indonesia seperti Pencak Silat mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia dan bahkan dapat diterima di berbagai Mancanegara sebagai cabang olah raga.

Editor : Ach. Fuad Fahmi

Oleh : Muhammad Najeed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *