Berbicara Tentang Pahlawan dan Guru; PPMI Pakistan dan KBRI Islamabad Adakan Webinar Peringatan Hari Pahlawan dan Guru Nasional 2021

Islamabad,- Pahlawan merupakan sosok yang patut ditiru, baik dari sisi perjuangan, sikap, dan semangatnya. Sebagai Generasi Milenial, kita perlu untuk melihat dan memahami secara mendalam segala bentuk sikap dan sifat para pahlawan untuk meningkatkan karakter para generasi muda saat ini. Pahlawan tidak harus selalu yang berjuang dengan senjata dan tenaga, namun para pendidik ataupun guru, juga merupakan seorang pahlawan. Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan dan Hari Guru Nasional 2021, Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Pakistan bekerjasama dengan KBRI Islamabad menyelenggarakan webinar yang bertajuk “ Nilai Kepahlawanan, Perkuat Karakter Pendidik Bangsa” yang diselenggarakan secara virtual pada hari Ahad (5/12).

Dalam webinar ini, PPMI Pakistan dan KBRI Islamabad menghadirkan seorang narasumber profesional yaitu Prof. Hilman Latif, yang merupakan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementrian Agama. Webinar dimulai dengan sambutan oleh Sekjen PPMI Pakistan, Ahmad Ghiffar Ramadhan dan Duta Besar RI untuk Pakistan, Adam M Tugio, yang kemudian dilanjutkan dengan materi oleh Prof. Hilman Latif yang menjelaskan tentang sejarah para ulama terdahulu dalam menimba ilmu, dan bagaimana mereka menyampaikan ilmunya kepada masyarakat demi tercapainya tujuan mulia yaitu mencerdaskan anak bangsa.

“Ada satu hal penting yang mana kita bisa belajar dari sosok pahlawan terdahulu yang juga merupakan seorang guru. Mereka adalah orang-orang yang tulus dan ikhlas dalam memberikan ilmunya secara maksimal dan dengan semangat yang membara. Contohnya adalah sosok KH. Ahmad Dahlan, KH. Hasyim Asy’ari, Para kyai Gontor yang mendirikan sekolah kecil , namun semangat yang diberikan sangat luar biasa.” Jelas Prof. Hilman.

Antusias peserta sangat tinggi dalam webinar ini, terlihat dari para penanya dalam sesi pertanyaan di akhir weminar. Salah satunya adalah Adam M Tugio, Duta Besar RI untuk Pakistan, yang menanyakan pandangan pemateri tentang Indonesia yang sedang diperhatikan oleh para ulama dan dipandang oleh orang-orang luar seputar pendidikan islamnya, dan dijawab oleh pemateri dengan jawaban yang sangat lengkap dan detail.

Tidak hanya membahas tentang sejarah para pahlawan terdahulu, Prof. Hilman juga memberikan pesan kepada para pelajar di luar negeri, sehingga tumbuh kobaran semangat dalam diri para pelajar dan mahasiswa yang sedang menimba ilmu di luar negeri.

“Sebagai generasi muda, kita harus melihat kembali tokoh-tokoh yang berkontribusi besar dalam pembentukan Indonesia, dan mayoritas mereka adalah para pemuda. Maka sekarang, kita harus menjaga persatuan Indonesia dan jangan sampai terjatuh pada lobang yang tidak baik. Kita harus lebih selektif dan harus menunjukkan prestasi, sehingga kembali ke tanah air dengan ilmu yang bermanfaat dan dapat diajarkan kepada orang lain.” tutup Prof. Hilman pada webinar malam itu.

Editor : M.Azri Al-Haq

Oleh : Widad Nur Fauziyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *