Arti Kata “CUKUP”

BUATLAH ATAP YANG SESUAI

Dalam hikayat bangsa tiongkok kuno, tersebutlah seorang raja yang kaya raya yang ingin memberi hadiah kepada salah seorang penduduknya. Sang raja itu berkata “aku akan memberimu sebidang tanah yang luasnya sejauh kakimu menempuhnya”

Laki-laki yang diberi janji sang rajapun merasa gembira bukan kepalang. Diapun mulai berjalan sambil berlari menelusuri bumi ini dengan sekuat kuatnya supaya menempuh jarak yang sangat jauh. Setelah menempuh jarak yang amat jauh dan melelahkan, dia akhirnya berpikir untuk menyudahi dan pulang kembali menemui sang rajanya agar diterimanya tanah seluas yang ia tempuh. Tetapi, ia mengurungkan niatnya dan merubah niatnya untuk terus berjalan guna menempuh yang lebih jauh. dengan harap bisa mendapatkan yang lebih luas.  Akhirnya iapun melanjutkan sampai dua kali sebelumya, tiga kali sebelumnya, dan seterusnya. Saat merasa lelah dan kembali menemui sang raja, dia kembali ragu dan selalu memutuskan untuk berjalan agar mendapat yang lebih dari itu.

Begitulah seterusnya sang rakyat itu mengejar ambisinya untuk mencapai jatrak yang tejauh. Namun apa yang terjadi? ternyata sang rakyat itu tidak tahu dimana dan bagaimana yang harus dilakukan karena telah tersesat yang sangat jauh. Sehingga  dia tidak merasakan sedikitpun pemberian tanah oleh sang rajanya, tidak bisa merasakan artinya kebahagiaan, tidak bisa merasakan artinya hadiah dan tidak bisa mengartikan artinya “CUKUP”.

Sumber
Buku bacaan 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *